Rabu, 16 November 2011

MODEL TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Suatu Model Teknologi Pendidikan untuk Pemerataan kesempatan pendidikan di Indonesia. Model teknologi pendidikan secara ringkas dapat ditunjukan dengan unsur-unsur yang membentuknya sebagai berikut :

1. Sumber belajar sebagai produk yang memungkinkan terjadinya tidak belajar. Sumber belajar yang terpenting adalah guru, dengan pengertian guru yang berkembang, yaitu mereka yang bertanggung jawab dalam pembelajaran. Media pendidikan merupakan suatu dimensi baru dalam kegiatan belajar. Isi pesan mengandung standar nasional minimum dan diperkaya sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Gedung sekolah tidak merupakan sumber belajar yang esensial.

2. Proses belajar mengajar berlangsung dengan memerhatikan kondisi dan kebutuhan anak didik. Disiplin untuk belajar merupakan kunci berhasilnya proses ini. Proses ini dapat berlangsung dengan adanya interaksi antara anak didik dengan sumber belajar yang tidak selalu berupa guru. Penilaian proses belajar-mengajar dilakukan terus-menerus untuk memungkinkan bimbingan dan pembinaan yang lebih efektif.

3. Stuktur organisasi lembaga pendidikan mengalami perubahan, dimana tumbuh pola intruksional yang bervariasi, berbagai bentuk lembaga pendidikan, dan tingkat pengambilan keputusan dalam proses intruksional.

4. Kewenangan dan tanggung jawab guru kelas mengalami perkembangan, karena adanya tim pembelajaran yang memilih dan menyusun bahan belajar. Peranan guru kelas berkembang dan dituntut lebih banyak perananya sebagai pengelola kegiatan belajar.

5. Fungsi pengembangan dilaksanakan dengan sistematik untuk menghasilkan sumber belajarserta untuk berlangsungnya sistem intruksional yang efektif.

6. Pengelolaan model ini dilakukan secara luwes dengan berorientasukan tujuan. Kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antarunit ditingkatkan. Diperlukan biaya khusus untuk menyelenggarakan dengan menekankan pada pertimbangan efektivitas dan efisiensi. Diperlukan pengelolaan personilia dan organisasi secara khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar